Cara membuat jaringan komputer LAN untuk warnet

jika anda yang mempunyai Warnet, untuk ngirit biaya pemasangan jaringan komputer, anda dapat belajar sendiri cara membuat jaringan komputer LAN.
Biasanya pada CPU komputer sudah dilengkapi dengan fasilitas LAN Card atau NIC (Network Interface Controller). Kalau belum ada silahkan beli terlebih dahulu. Saya akan memberikan cara membuat jaringan komputer LAN dengan menggunaan kabel UTP dan konektor RJ-45 (dapat dibeli di toko komputer terdekat).

Untuk kabel UTP dan konektor RJ-45 ini di sarankan beli yang berkualitas karena akan mempengaruhi kinerja jaringan pada komputer anda.

Anda dapat lihat gambar dibawah ini seperti apa bentuk dari NIC, konektor RJ-45 dan UTP Cable. Jaringan LAN yang sudah dipasang nantinya dapat digunakan untuk sharing file & Printer data antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya yaitu untuk Billing Warnet dan untuk Client.

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN

Cara Membuat Jaringan Komputer LAN Untuk Warnet

  • Kalau anda mempunyai 2 buah komputer dan akan dibuat saling berhubungan / saling conect, untuk pemasangan jaringan komputer LAN ini cukup menggunakan kabel UTP yang tidak begitu panjang dan 2 bh konektor RJ-45 dengan konfigurasi Cross atau menyilang.
  • Tutorial ini akan memberikan cara memasang jaringan komputer LAN dengan menggunakan 6 buah komputer / PC. Karena jumlah PC yang lebih banyak, maka perlu menggunakan Switch atau Hub agar masing-masing komputer dapat saling berhubungan.
  • Untuk memasang kabel UTP dan konektor RJ-45 pada masing-masing komputer, gunakan kabel UTP dan konektor RJ-45 yang pada kedua ujung kabel menggunakan konfigurasi Straight / lurus untuk dicolokkan / dipasang ke Switch/Hub.

Cara membuat jaringan komputer LAN untuk warnet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sarijayanet
Comments
Comments