Access Point

Access Point adalah perangkat yang digunakan untuk membuat koneksi wireless pada sebuah jaringan. Access Point berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal radio 2.4GHz atau 5GHz atau sering di sebut sebagai Wireless Access Point. AP digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada.


Access Point tidak memiliki kemampuan NAT (Network Address Translation) seperti halnya router sehingga hanya satu IP atau koneksi yang dapat di layani oleh Access Point pada satu saat, untuk mengatasi kelemahan ini dibutuhkan sebuah router untuk mengatur lalu lintas data dan untuk membuat private ip untuk masing-masing komputer atau peralatan lainnya yang terkoneksi didalam jaringan sehingga menjadi one to many.

Jadi sebelum pemasangan Access Point sangat penting untuk memiliki sebuah router atau router yang terbundle dengan produk modem misalnya modem router tersedia didalam jaringan. Dengan kemampuan NAT dari router komputer yang terkoneksi lewat access point dapat menjadi lebih dari satu sampai beberapa user tergantung kemampuan Access Point yang ada.


Selain untuk membuat jarigan WLAN kemampuan lain dari Access Point adalah untuk memperbesar jaringan wifi yang sudah ada. Dengan kemampuan Bridge sebuah Access Point mampu meneruskan wifi yang ada dan memperkuat sinyal yang ada sehingga koneksi wifi menjadi lebih cepat dan lebih luas cakupannya. Fungsi inilah yang membuat perbedaan antara wireless router dan Wireless Access Point.
Wireless Access Point digunakan untuk meneruskan sinyal yang ada sedangkan wireless router digunakan untuk mengatur lalu lintas data.

Access Point Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sarijayanet
Comments
Comments